ALESSANDRO DEL PIERO, MANTAN PEMAIN SEPAK BOLA PROFESIONAL ITALIA

ALESSANDRO DEL PIERO, MANTAN PEMAIN SEPAK BOLA PROFESIONAL ITALIA

ALESSANDRO DEL PIERO – Alessandro Del Piero lahir pada sbobetcb.com tanggal 9 November 1974. Del Piero adalah mantan pemain sepak bola profesional Italia yang bermain sebagai penyerang, meskipun ia mampu bermain di beberapa posisi ofensif. Sejak 2015, ia telah bekerja sebagai pundit untuk Sky Sport Italia. Seorang penyerang pendukung yang berbakat secara teknis dan kreatif yang juga merupakan spesialis tendangan bebas, Del Piero secara luas dianggap oleh para pemain, pakar, dan manajer sebagai salah satu pemain terhebat di generasinya dan sebagai salah satu pemain Italia terbaik sepanjang masa.

Del Piero memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Italia Serie A pada tahun 1998 dan 2008. Seorang pencetak gol yang produktif, ia saat ini adalah pencetak gol terbanyak kedua Italia sepanjang masa di semua kompetisi, dengan 346 gol, di belakang hanya Silvio Piola, dengan 390 gol, ia juga merupakan pencetak gol terbanyak kesembilan dalam sejarah Serie A, dengan 188 gol, bersama Giuseppe Signori dan Alberto Gilardino. Setelah memulai karirnya dengan klub Italia Padova di Serie B pada tahun 1991, ia pindah ke Juventus pada tahun 1993, di mana ia bermain selama 19 musim (11 sebagai kapten), dan memegang rekor klub untuk gol terbanyak (290) dan penampilan (705).

ALESSANDRO DEL PIERO, MANTAN PEMAIN SEPAK BOLA PROFESIONAL ITALIA

Selama berada di klub, ia memenangkan enam gelar Serie A, Coppa Italia, empat gelar Supercoppa Italiana, Liga Champions UEFA, Piala Super UEFA, Piala Intertoto UEFA, dan Piala Interkontinental. Setelah meninggalkan klub pada 2012, ia juga menghabiskan dua musim bersama klub Australia Sydney FC, dia pensiun setelah satu musim dengan Delhi Dynamos FC di Liga Super India, pada tahun 2014. Del Piero telah mencetak gol di setiap kompetisi yang diikutinya.

Pada tahun 2004, ia masuk dalam FIFA 100, sebuah daftar dari 125 pesepakbola hidup terbaik yang dipilih oleh Pelé sebagai bagian dari perayaan seratus tahun FIFA. Pada tahun yang sama, ia juga terpilih ke dalam UEFA Golden Jubilee Poll, daftar 50 pemain Eropa terbaik dalam 50 tahun terakhir. Selain enam penghargaan di Italia untuk perilaku sopan, ia juga memenangkan penghargaan Golden Foot, yang berkaitan dengan kepribadian dan juga kemampuan bermain.

Di tingkat internasional, Del Piero juga mewakili tim nasional Italia di tiga Piala Dunia FIFA dan empat Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA, terutama memenangkan Piala Dunia FIFA 2006, dan mencapai final UEFA Euro 2000 bersama Italia. Dia adalah pencetak gol terbanyak keempat bersama untuk tim nasional Italia, dengan 27 gol, bersama Roberto Baggio, dan di belakang hanya Silvio Piola dengan 30 gol, Giuseppe Meazza dengan 33 gol, dan Luigi Riva dengan 35 gol, dengan 91 penampilan untuk Italia antara 1995 dan 2008, ia juga merupakan pemain dengan caps terbanyak kesebelas sepanjang masa di negaranya.